Latest News

Tanaman Obat Tradisonal

Indonesia merupakan termasuk salah satu negara yang kaya akan berjenis-jenis tanaman obat. Lebih dari 300 jenis tanaman potensial untuk dimanfaatkan sebagai ramuan obat. Sebagian khasiat dari tanaman-tanaman itu sudah dibuktikan melalui uji Klinis dan hasilnya positif. Indonesia merupakan negara agraris yang terkenal akan kekayaan rempah rempah dan berbagai jenis tanaman. Dari dulu hingga sekarang tanaman herbal ataupun tanaman obat dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Tapi sayang sekali banyak warga Indonesia saat ini malah lebih memilih produk kesehatan luar negri dibanding negri sendiri. Padahal tak perlu jauh - jauh ke negri orang dengan biaya yang sangat mahal, ternyata di negri kita ini tejauh lebih kaya dan alami dalam segi pengobatan.

Dan tidak semua bagian dari tanaman obat bisa dimanfaatkan sebagai bahan ramuan obat. Misalnya, tanaman jahe, kunyit, dan temulawak hanya bagian rimpang-nyalah yang berkhasiat. Nenas, jeruk nipis, dan belimbing lebih banyak dimanfaatkan buahnya untuk obat. Bagian tanaman berguna lainnya kulit batang, akar, biji, getah ataupun daunnya. Di antara bagian tanaman itu tampaknya daun merupakan bagian yang paling banyak dipakai. Untuk mengenal lebih banyak lagi daun-daun berkhasiat obat, Berikut ini adalah jenis tanaman tersebut diantaranya :

Mengkudu
Mengkudu memiliki nama yang berbeda - beda pada setiap daerah misalnya di Sunda disebut Cangkudu, di Aceh disebut Keumeude, dan di Jawa diseut kudu. Tanaman ini biasa ditanam di aceh pada setiap rumah warga (walau tidak semua) karena biasa dipakai sebagai bahan rujak ataupun menu buka puasa khas aceh. Tapi taukah anda bahwa Mengkudu bisa menjadi Obat Jantung Koroner dan membantu mencegah penyakit jantung koroner. Caranya sangat mudah cukup jus mengkudu lalu saring air sarinya tambahkan sedikit madu dan minum 2 kali sehari setelah makan.

Lidah Buaya
Lidah buaya sejak zaman dahulu telah dipercaya sebagai bahan perawatan kecantikan dan obat. Saat ini dijepang sedang mengembangkan penelitian lidah buaya sebagai Obat Kanker. Saat ini sangat banyak sekali cara untuk memakan lidah buaya seperti Cendol ala Pontianak yang sangat terkenal disana. Baca juga Mengobati Batuk dan Pilek Anak Dengan Obat Alami Tradisonal .

Belimbing
Belimbing manis banyak mengandung vitamin C, B, A, Protein, Kalsium dll. Belimbing. Selain rasanya yang enak juga mampu mejadi Obat Kolestrol Tinggi dan Penurun Darah Tinggi. caranya cukup dengan memakan buah belimbing setiap hari sesudah makan.

Daun Katuk
Tanaman perdu ini biasanya setinggi 2,5—5 m. Daun majemuk.   Anak daun berbentuk bulat telur, ujung lancip, dan pangkalnya tumpul. Tepinya rata. Warna hijau. Dengan Kandungan : Saponin, flavonoid, dan tannin. Yang Berkhasiat : Melancarkan ASI, obat demam, bisul, dan borok. Cara Pengelolaanya : Biasa dikonsumsi sebagai sayuran. Untuk melancarkan ASI disiapkan 300 gram daun segar, direbus dengan 1,5 gelas air selama 15 menit. Setelah  ebusan dingin disaring dan diminum semuanya.

Demikianlah Tips Mengobati Dengan Tanaman Obat Tradisonal lakukan tips ini dengan teratur untuk mendapatkan hasil yang memuaskan. Semoga Informasi Tanaman Obat Alami Tradisonal ini dapat bermanfaat….